Senin, 25 Juli 2016

Inilah Teknologi yang Bakal Tren di 2015

Perkembangan teknologi tidak hanya mempengaruhi perkembangan dunia smartphone, namun juga mempengaruhi lingkungan Information Technology (IT), seperti cloud, computing, flash dan storage. Pengaruh teknologi tersebut tentunya membawa perubahan pada dunia informatika.

Pengaruh teknologi dapat dirasakan saat ini oleh pengguna bahkan akan menjadi tren pada 2015. Berikut prediksi teknologi 2015 yang dilakukan oleh CTO Netapp kepada Okezone, Rabu (21/1/2015).

Internet of Things dan Big Data Analytics
Meningkatnya telemetri data akan menghasilkan banyak data-data yang relevan. Menurut Steven Law, Country Manager untuk NetApp Indonesia, hal ini mulai terlihat pada gerakan-gerakan Smart City. Steven juga menjelaskan apabila Internet of Things tersebut ditambah dengan Big Data Analytics, akan memberikan insight dan pemahaman baru bagi bisnis dan pemerintah.

Teknologi Flash
Flash merupakan teknologi yang transformatif untuk Enterprise storage. Namun ide dari sebuah data center yang seluruhnya terdiri dari flash adalah sesuatu yang tidak masuk akal, dan paling tidak 80 persen dari data akan terus berada di disk.

Hybrid Cloud Multi-Vendor
Pelanggan menggunakan cloud dengan berbagai alasan dan cenderung untuk memilih bekerja dengan lebih dari satu penyedia jasa cloud. Namun penggunaan cloud harus tahu bagaimana memanfaatkan private cloud dan public cloud.

Software-Defined Storage
Software-Defined Storage akan menjembatani public cloud dan private cloud. Software Defined Storage (SDS) akan menyediakan cara agar aplikasi dapat mengakses data secara seragam di seluruh penjuru cloud dan menyederhanakan aspek pengelolaan data yang berasal dari pemindahan aplikasi yang ada ke cloud.

Docker Menggantikan Hypervisor
Docker menggantikan hypervisor sebagai container untuk aplikasi-aplikasi scale-out. Aplikasi container Dockers telah terbukti lebih efisien secara sumber daya dibanding dengan Virtual Machine (VM) dengan OS yang lengkap.

Hyper-Converged Infrastructure
Hyper-Converged Infrastructure merupakan server komputasi baru dengan Direct-Attached Storage (DAS). Komputasi dari data center tradisionil terdiri dari blade-blade server atau kotak-kotak rak yang memiliki CPU, memory, I/O dan koneksi jaringan yang terdedikasi dan menjalankan lusinan VM.
banner
Previous Post
Next Post

0 komentar: