Senin, 04 Juli 2016

3 PENYEBAB UTAMA LAPTOP CEPAT PANAS BERIKUT SOLUSINYA

Laptop dapat menjadi cepat panas bisa disebabkan oleh waktu penggunaan disertai kerja yang berat oleh beberapa komponen yang ada. atau juga karena komponen-komponen tersebut mengalami masalah atau rusak. Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan hal itu terjadi, berikut 3 penyebab utama laptop panas berikut solusinya

Pertama, Pemakaian Komputer terlalu lama. Laptop processor, memory dan VGA. Processor yang bekerja terlalu berat akan menimbulkan panas tinggi dan bisa saja menyebabkan laptop anda langsung mati sendiri karena overhead. Jikah hal tersebut terjadi terus-menerus maka laptop anda terancam mati total. Untuk mencegahnya, bisa dengan menambahkan kipas di bagian bawah laptop atau Coling Pad untuk membantu mendinginkan laptop anda. Cooling pad memang menjadi teknologi yang dihadirkan untuk membantu menurunkan suhu pada laptop atau benda sejenisnya. Dengan benda ini, anda bisa mengurangi suhu panas pada laptop sebesar 1 sampai 5 derajat. Bahkan tipe yang lebih canggih akan mempunyai kemampuan yang lebih untuk mengurangi panas. Penggunaan cooling pad memang jamak dilakukan sebagai cara mengatasi laptop cepat panas secara mudah dan efisien.

Kedua, Kipas laptop tidak berfungsi.  Ada beberapa sumber yang membuat laptop cepat panas. Mereka adalah prosessor, hardisk, baterai, VGA, adaptor dan kipas. Untuk poin terakhir, yang biasanya terjadi, adalah kipas yang ada dalam laptop sudah kotor dan tertutup debu yang tebal. Hal tersebut mengakibatkan kipas tidak berputar dengan kencang. Luangkan waktu anda untuk membersihkan kembali kipas pada laptop. 

Ketiga, kurang maksimalnya Thermal Paste CPU. Thermal Paste CPU adalah komponen dalam laptop yang berfungsi sebagai penghantar suhu panas pada GPU dan prosesor. Bila laptop tiba-tiba blank secara kontinyu saat beban tinggi, misalnya sedang digunakan untuk main game atau multi tasking, kemungkinan besar masalah terletak pada sistem pendinginannya. Seiring dengan lamanya penggunaan, thermal paste bisa mengalami “dried out” atau mengering. Kalau sudah begitu, tentu saja efektivitasnya pun menjadi berkurang sehingga panas terperangkap pada chip. Nah, cara mengatasi laptop cepat panas yang satu ini mengharuskan anda untuk mengganti salah satu komponen yang sangat penting bagi laptop tersebut. Jika laptop anda sudah menunjukkan gejala sering blank dan overheat, maka cara mengatasi laptop cepat panas yang satu ini bisa anda lakukan. 
banner
Previous Post
Next Post

0 komentar: